Sunday, May 5, 2013

Contoh BAB 3 Karya Ilmiah Remaja


BAB III
METODE PENELITIAN


3.1.  Jenis Penelitian

Penelitian kualitatif adalah riset yang bersifat deskriptif dan cenderung menggunakan analisis dengan pendekatan induktif. Proses dan makna (perspektif subyek) lebih ditonjolkan dalam penelitian kualitatif.
Sesuai dengan pengertian tersebut kami menganalisis data dengan menggunakan pendekatan induktif. Selain itu kami juga memberikan data data yang sesuai dengan landasan teori yang kami gunakan. Sehingga penelitian kami dapat menjadi penelitian yang benar dan tepat.
Dalam menganalisis dan mendeskripsikan mengenai dampak perkembangan pasar modern (minimarket) terhadap pasar tradisional (toko kelontong), peneliti menggunakan landasan teori sebagai pemandu agar fokus penelitian sesuai dengan fakta di lapangan. Selain itu landasan teori juga bermanfaat untuk memberikan gambaran umum tentang latar penelitian serta bahan pembahasan hasil penelitian.


3.2.  Waktu dan Tempat Penelitian

Penelitian dilaksanakan pada tanggal 19 Desember 2011 pada pukul 10.30-12.30 bertempat di kawasan minimarket dan toko kelontong yang ada di Jember.





3.3.  Populasi dan Sampel

1.  Populasi
Populasi adalah keseluruhan subjek penelitian atau keseluruhan unsur-unsur yang memiliki satu atau beberapa ciri atau karakteristik yang sama.  Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah seluruh pelanggan toko kelontong dan minimarket serta pemilik toko kelontong.

2.  Sampel
Sampel merupakan bagian dari populasi yang ingin diteliti, dipandang sebagai suatu pendugaan terhadap populasi, namun bukan populasi itu sendiri. Teknik yang digunakan untuk memperoleh sampel yaitu teknik Purposif Sampling yaitu pengambilan sampel secara sengaja sesuai dengan persyaratan sampel yang diperlukan. Karena itu, peneliti menetapkan bahwa sampel yang akan dipilih haruslah pemilik toko kelontong dan pelanggan toko minimarket serta toko kelontong. Hal ini dikarenakan asumsi peneliti bahwa sampel tersebut merupakan subyek penelitan yang merasakan dampak dari kehadiran pasar modern terhadap keberadaan pasar tradisional (kelontong).
Sedangkan dalam memilih informan sebagai sampel, peneliti menggunakan teknik Accidental Sampling yang pada dasarnya memilih siapa saja (baik itu pemilik toko kelontong ataupun pelanggan) yang kebetulan dijumpai untuk dijadikan sampel.


3.4.  Teknik Pengumpulan Data

Teknik pengumpulan data yang akan digunakan peneliti dengan menggunakan teknik in-depth interview. Peneliti akan melakukan wawancara tatap muka secara mendalam kepada enam orang informan yaitu 1 pemilik toko kelontong dan 5 pelanggannya demi memperoleh narasi kualitatif serta informasi yang lebih dalam mengenai sikap informan termasuk pemahaman serta interpretasi mereka terhadap dampak kehadiran pasar modern terhadap keberadaan pasar tradisional. Sehingga diharapkan diperoleh informasi maupun pendapat yang sekiranya terbuka dan jujur sesuai dengan tema yang dipilih


3.5.  Teknik Analisis Data

Teknik analisis yang digunakan dengan cara menarasikan jawaban-jawaban dari penelitian yang diperoleh dari hasil interpretsi in-depth interview yang dilakukan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan dalam rumusan masalah penelitian. Peneliti akan melakukan dialog bebas dengan informan, yang nantinya jawaban informan tersebut akan diinterpretasikan oleh peneliti sesuai dengan landasan teori yang telah ditetapkan. Setelah itu akan ditarik kesimpulan.

5 comments:

  1. mbak.. ini kesimpulan dan saran nya ada gak mbak??

    ReplyDelete
  2. nice blog;;) visit my blog please;) @fiiyanuar.blogspot.com

    ReplyDelete
  3. mbak ini ada perhitungannya ga? btw, thanks before :)

    ReplyDelete
  4. perhitungan seperti apa ya? ini ya menurut data yg saya wawancarai itu :)

    ReplyDelete